Lagu-lagu AT Mahmud

Siapa yang tidak tahu AT Mahmud? Pria bernama lengkap Abdullah Totong Mahmud merupakan tokoh musik Indonesia yang sangat mahir mengarang lagu anak. AT Mahmud telah mengarang ratusan lagu yang hingga kini masih sering dinyanyikan oleh anak-anak Indonesia. Hingga akhir hayatnya, beliau diperkirakan telah menulis 800 lagu! AT Mahmud mulai mengarang lagu ketika bertugas di Sekolah Guru Taman Kanak-kanak (SGTK) di Jalan Halimun, Jakarta.

Awalnya, AT Mahmud hanya menciptakan lagu untuk membantu siswa-siswi SGTK yang harus mengerjakan tugas sesuai dengan topik tertentu. Siswa-siswi SGTK itu lalu mengenalkan lagu AT Mahmud pada murid-murid TK di tempat mereka bertugas. Ternyata murid-murid serta guru-guru TK menyukai lagu-lagu ciptaan AT Mahmud, dan sejak saat itu nama beliau mulai diperbincangkan di kalangan guru TK dan SD di Jakarta.

Sebagai pencipta lagu, AT Mahmud memiliki tokoh-tokoh yang sering dijadikan inspirasi dalam mengarang lirik dan melodi. Tokoh-tokoh tersebut meliputi Ibu Sud, Kusbini, L. Manik, Daeng Sutigna, dan masih banyak lagi. Selain dari melihat lagu-lagu anak karangan tokoh-tokoh tersebut, beliau pernah mengatakan bahwa putra-putrinya juga menjadi salah satu inspirasi utama dalam mengarang lagu. Beliau memiliki tiga orang anak hasil pernikahannya dengan Mulyani Sumarman, yaitu Ruri Mahmud, Rika Vitrina, dan Revina Ayu.

Pernah suatu hari beliau mengajak anak-anaknya bermain di taman bermain anak dan pengalaman itu membuat beliau terinspirasi menciptakan lagu yang menceritakan tentang kegembiraan seorang anak bermain ayunan. Lagu tersebut diberi judul “Main Ayunan”. Lagu “Ambilkan Bulan, Bu!” juga terinspirasi ketika salah seorang anak beliau meminta diambilkan bulan.

Beliau terus berkarya menghasilkan lagu-lagu anak berkualitas. AT Mahmud pernah mencetak buku dengan biaya sendiri yang berisi lagu-lagu ciptaannya. Seiring dengan popularitas beliau sebagai pencipta lagu, maka pada era 70-an beberapa penerbit seperti Gramedia dan Yudhistira tertarik untuk menerbitkan buku lagu anak karangan beliau. Meski demikian, royalti yang diterima AT Mahmud tidak selalu besar, namun beliau tidak menghiraukan hal tersebut. Beliau pernah berkata bahwa ia sudah sangat senang jika melihat anak-anak menyanyikan lagunya, jadi tidak masalah royalti yang diterima besar atau tidak.

Beliau telah berkarya selama lebih dari 20 tahun ketika pada tahun 2000, pihak label Sony Music meminta beliau untuk bekerja sama dalam pembuatan album “Libur Telah Tiba” yang menggaet artis cilik Tasya sebagai penyanyinya. Beliau sangat tersanjung dengan permintaan ini dan album tersebut pun laris manis di pasaran, serta menghidupkan kembali dunia musik anak-anak yang pernah layu pada saat itu. Lagu-lagu di album tersebut antara lain:

  • Libur Telah Tiba
  • Barisan Musik
  • Di Stasiun
  • Kereta Apiku
  • Mendaki Gunung
  • Cemara
  • Ambilkan Bulan, Bu!
  • Burung Bernyanyi
  • Angin Bertiup
  • Hujan Rintik Rintik
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by anakbahagia.com