Bayi Tabung Apakah Itu?

Bayi tabung, pernahkah Anda mendengar hal yang satu ini? Barangkali berbagai gambaran hadir di pikiran mengenai bayi tabung ini jika kita belum mengetahui secara pasti apa yang dimaksud dengan bayi tabung. Agar pemahaman kita benar mengenai bayi tabung tidak ada salahnya untuk menyimak hal yang satu ini.

Bayi tabung atau in vitro vertilization (IVF) merupakan proses pembuahan sel telur dan juga sperma yang dilakukan di luar tubuh wanita. Prinsip kerja bayi tabung ini dimulai ketika sel telur yang sudah matang diambil dari indung telurnya lalu dibuahi dengan sperma di dalam medium cairan. Setelah pembuahan ini berhasil, maka dilanjutkan dengan memasukkan embrio kecil hasil pembuahan tadi ke dalam rahim. Nantinya embrio ini akan berkembang menjadi bayi di dalam rahim.

Bayi tabung ini merupakan kemajuan dalam teknologi reproduksi dimana tujuannya adalah untuk membantu pasangan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan anak bayi. Kemajuan ini sudah dimulai pada tahun 1978 yang diprakarsai oleh sejumlah dokter di Inggris. Sejak saat itu kemajuan ini terus dikembangkan. Di Indonesia sendiri, in vitro vertilization ini pertama sekali diterapkan pada tahun 1987.

Kemajuan ini yang awalnya konvensional semakin hari semakin diperbaharui. Hal ini terbukti dari semakin canggihnya teknik yang digunakan. Jika awalnya menggunakan in vitro vertilization konvensional, maka berkembang menjadi teknik Partial Zona Dessection dan juga Subzonal Sperm Intersecttion. Setelah teknik ini berkembang lagi menjadi Intra Cytoplasmatic Sperm Injection. Teknik yang terakhir memberikan keberhasilan yang lebih meningkat sekitar 30-40 % untuk mendapatkan buah hati.

Tidak terlalu berbeda dengan proses kehamilan lainnya, hanya yang berbeda pada konsep ini adalah proses awalnya yang dilakukan di luar tubuh. Proses perawatan anak bayi yang dilakukan dengan program bayi tabung sama dengan perawatan anak bayi lainnya. Sebelum memutuskan untuk melakukan program ini pastikan juga makanan yang dikonsumsi benar-benar yang baik, karena makanan ini akan menjadi makanan bayi nantinya.

Makanan bayi yang diberikan setelah bayi dari proses tabung ini lahir tidak berbeda dengan bayi dengan pembuahan biasa. Jika memilih untuk menggunakan proses dengan teknologi ini, Anda harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam, karena biaya yang dibutuhkan sangatlah besar.

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Bayi Tabung Apakah Itu?”

  1. Han says:

    Katanya untuk biaya bayi tabung mahal banget. Kalau ada dana dan memang segala usaha telah dicoba tapi tidak berhasil, mereka bisa melakukannya.

Leave a Reply

Powered by anakbahagia.com