Botol Susu Yang Aman

Selain meminum ASI, terkadang bayi disertai juga meminum susu formula melalui botol susu. Ini juga berlaku pada balita yang mulai disapih dari ASI dan orangtua mengganti dengan susu formula. Sehingga botol susu menjadi keperluan bayi yang harus dipenuhi.Botol susu yang beredar di pasaran terutama toko perlengkapan bayi, terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang berbahan kaca dan plastik.

Tetapi secara umum keduanya dijual dalam kemasan beserta dot silikon sebagai pelengkap. Ada pula yang disertai dengan alat regulator yang mencegah bayi tersedak saat minum melalui botol susu bayi. Jika dibandingkan antara kedua jenis botol tadi, masing-masing jenis botol susu bayi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Jika dilihat dari segi harga, botol plastik lebih murah dibanding botol susu bayi yang terbuat dari kaca.

Sementara jika melihat dari sisi masa pakai, memang botol plastik lebih tahan lama dibanding yang terbuat dari kaca. Karena bayi senang memainkan benda, botol kaca akan mudah pecah saat bayi melempar atau menjatuhkannya. Tetapi ada yang lebih menjadi perhatian dan memunculkan banyak diskusi adalah tingkat keamanan kedua botol tersebut. Botol susu bayi berbahan kaca dianggap jauh lebih aman dibanding botol plastik. Penelitian menunjukkan adanya bahan kimia yang terkandung di dalam bahan plastik yang dapat membahayakan kesehatan bayi. Bahan kimia yang dimaksud adalah Bispenol.

Disimpulkan bahwa resiko yang pada bayi mungkin terjadi akibat zat ini adalah gangguan perkembangan otak, perilaku dan kelenjar prostat. Selain itu juga ada kekhawatiran larutnya zat pewarna dari gambar yang menempel pada dinding botol plastik saat botol disterilkan oleh orangtua. Ini muncul karena cara mensterilkan botol susu bayi yang lazim dilakukan adalah dengan merebusnya, sehingga bisa membuat warna pada gambar larut ke dalam air rebusan dan ikut pula terminum oleh bayi.

Tetapi kini, jika melihat koleksi botol susu di toko perlengkapan bayi telah ada beberapa merk botol susu yang mencantumkan lisensi bahwa produk mereka terbuat dari bahan plastik yang bebas dari zat berbahaya sehingga aman untuk bayi. Saatnya kini menyarankan orangtua untuk membeli botol susu yang memang terjamin keamanannya untuk bayi.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by anakbahagia.com