Kenapa Ayah-bunda Harus Membuat Anak Bahagia

Kenapa Ayah-bunda Harus Membuat Anak BahagiaKenapa ayah-bunda harus membuat anak bahagia? sebuah pertanyaan terpintas dipikiran ayah-bunda yang mungkin terlewati begitu saja dan mungkin bisa menjadi renungan dalam menjalani kehidupan keluarga.

Ayah-bunda tahu bahwa anak adalah karunia dari tuhan yang tergantikan dengan apapun, bahkan sampai-sampai ada orang tua yang beranggapan anak adalah segalanya. Tentu ungkapan ini bisa didasari karena rasa sayang yang sangat kepada anak, sehingga seolah keberadaan anak memang betul-betul tidak bisa digantikan dengan apapun. Tetapi kalau ayah-bunda lihat, faktanya keberadaan anak tidaklah menjadi sosok yang betul-betul segalanya buat mereka. Karena kita bisa melihat di media maupun di lingkungan tempat tinggal ayah-bunda ada orang tua yang tidak menganggap anak sebagai perhatian utama dalam kehidupan mereka sehingga kekerasan dan intimidasi bisa terjadi pada anak.

Untuk itu disini penting buat ayah-bunda untuk bersama merenungi keberadaan anak dalam kehidupan ini. Karena keberadaan anak diciptakan tidak sebagaimana mudah hujan turun dari langit. Tetapi keberadaanya menjadi cikal penerus kehidupan manusia kedepan sebagaimana kutipan dibawah yang bisa ayah-bunda hayati,

“Buah hati sangat penting bagi pernikahan saya dan suami karena kelak ketika dewasa nanti, mereka bisa menjadi penolong dan teman bagi saya dan suami ketika kami menjadi tua”- https://keluarga.com

Ayah-bunda yang baik, kiranya ada beberapa hal yang perlu kita lakukan kepada anak-anak. Apa saja itu;

Anak Adalah Jalan Menuju Bahagia

Buat ayah-bunda rasanya patut bersyukur kalau ayah-bunda bisa dikaruniai anak dari sang pencipta. Kenapa patut disyukuri?. Tentu ayah-bunda bisa menyadari tidak semua pasangan suami istri dikaruiai anak, meskipun mereka telah menjalani masa pernikahan puluhan tahun, sehingga hari-hari mereka dipenuhi kesedihan.

Tapi tidak dengan ayah-bunda yang hadirkan buah hati ditengah-tengah menjalani kehidupan ini. Tentu tidak bisa dipungkiri kehadiran anak menjadi kebahagiaan tersendiri buat ayah-bunda.

Kenapa Ayah-bunda Harus Membuat Anak Bahagia

Ayah-bunda yang baik, ada beberapa alasan yang patut direnungkan oleh ayah-bunda. Kenapa kehadiran anak ditengah-tengah kehidupan ayah-bunda harus dijalani dengan memberikan perhatian penuh kepada mereka. Bahkan perhatian itu terkadang menyita waktu kebebasan ayah-bunda disaat bersanding dengan mereka dan tidak dapat disangkal ayah-bunda akan selalu berbuat sesuatu yang terbaik untuk anak-anak. Konon perhatian itu dilakukan untuk menunjukkan bagaimana agar anak-anak selalu bahagia dalam masanya.

baca juga tentang karakter anak

Nah, Ayah-bunda setidaknya memperhatikan beberapa hal yang harus dilakukan oleh ayah-bunda untuk membuat mereka bahagia. Kebahagiaan mereka tentu tidak berlangsung dalam jangka pendek, tetapi apa yang dilakukan ayah-bunda akan berpengaruh terhadap anak sepanjang masa.

Agar anak tetap bahagia setidaknya ayah-bunda sudah menyiapkan beberapa hal, seperti;

  1. dimana anak akan bersosial dengan lingkungannya
  2. dimana anak akan dimasukan ke dalam lembaga pendidikan
  3. bagaimana pola komunikasi yang dilakukan kepada anak
  4. apa yang harus dihindari ketika anak tidak menemukan kebahagiaan pada sesuatu atau keadaan
  5. siapa yang harus terlibat untuk memberi perhatian kepada anak agar mereka tetap bahagia setiap saat.

Ayah-bunda itulah hal-hal yang perlu ayah-bunda lakukan kepada anak-anak. Tetapi kemungkinan besar ayah-bunda sudah punya strategi tersendiri untuk membahagiakan buah hati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *